Sabtu, 22 Oktober 2011

SEA GAMES, Garuda di Grup Neraka

Hasil undian Sea Games cabang sepakbola yang dilaksanakan Rabu (19/10) sangat tidak menguntungkan Indonesia. Mengapa? Karena cabang yang akan ber-venue di Jakarta ini menempatkan Indonesia satu grup dengan peraih medali emas Sea Games 2009, Malaysia, dan tim kuat Asean lainnya Thailand dan Singapura. Selain itu terdapat tim yang selama ini dianggap sebelah mata, namun berpotensi menjadi kuda hitam, Kamboja. Indonesia sebagai tuan rumah tidak dapat mengelak dari serbuan raja-raja sepakbola Asean ini, karena keuntungan Indonesia sebagai tuan rumah hanyalah diperbolehkan memilih grup. Dengan pertimbangan kapasitas stadion dan antusiasme penonton, dipilihlah Grup A yang pertandingannya akan dihelat di Stadion Gelora Bung Karno. Sedangkan di Grup B persaingan yang tidak terlalu ketat diprediksi akan terjadi. Pertandingan di grup yang akan memainkan laganya di Stadion Lebak Bulus ini hanya menempatkan Vietnam -sebagai unggulan- dengan Laos, Brunei, Timor Leste, Myanmar, dan Filipina.
Menurut analisa saya, Garuda Muda bisa memanfaatkan keuntungan jadwal yang mereka dapatkan, dimana pertandingan pertama Indonesia akan menghadapi tim lemah Kamboja, lalu Singapura, kemudian Thailand dan terakhir Malaysia. Apabila pada pertandingan pertama Timnas mampu menggulung Kamboja dengan skor besar, maka moral pemain akan terangkat dan kita akan mendapatkan "momen" untuk pertandingan-pertandingan berikutnya
Memang, perjuangan Timnas untuk lolos dari grup ini cukup berat. Terlebih lagi kita hanya berujicoba dengan tim lokal dan beberapa tim Hongkong. Bandingkan dengan Malaysia U-23 yang sempat berujicoba dengan Arsenal, Chelsea, dan Australia. Namun, tidaklah berlebihan jika kita menyelipkan sedikit optimisme ke pundak para pemain Timnas U-23. Seperti lagu resmi Sea Games 2011, "waewaeowaewaeo, kita bisa.." Ya, Indonesia Bisa!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tinggalin komen ya! :D