Jumat, 09 Desember 2011

Sukses Ujian dengan SKS

beruntunglah anda yang jadi model di tulisan ini~


Malam ini, sunyi. Tak tau harus berbuat apa...
...
...
Hahaha oke, ini bukan postingan galau lagi kok. Yang lalu biarlah berlalu~

Di postingan kali ini aku nyoba buat berbagi pengalaman sekaligus trik-trik yang ku gunain dalam menghadapi ujian-ujian semesteran. Percayalah, it works! Setidaknya dalam 2 semester ini hehe..
Mari kita mulai..

Ujian tengah semester dan ujian akhir semester bagaikan 2 sejoli yang tak bisa dipisahkan. Sebagai mahasiswa yang kegiatannya nggak cuma kuliah dan belajar, kita perlu punya kiat-kiat khusus untuk mengalahkan yang namanya UTS dan UAS. Dan, cara yang paling umum digunakan oleh mahasiswa jaman sekarang adalah.. SISTEM KEBUT SEMALAM..
Enggak, kita nggak perlu speedometer kok untuk ngukur seberapa cepat kebutannya (?) yang kita butuhkan hanya niat, niat, dan niat. Hal-hal dibawah ini mungkin bisa dipraktekkan, beberapa hari menjelang ujian sampai beberapa jam sebelum ujian sekalipun! jeng jeng..

1. Siapkan catatan-catatan dari dosen, sebanyak mungkin. Kalo catatan nggak lengkap, bisa kok fotokopi catatan teman yang PALING lengkap. Modalnya paling nggak nyampe seribu, dan kita sudah dapat semua bahan-bahan ujian, itu yang penting!
2. Semalam sebelum ujian, siapkan cemilan dan semacamnya. Tapi kalo kamu milih nasi kotak sebagai cemilan, kayaknya bukan pilihan yang tepat.
3. Karantina diri kamu! ini penting. Butuh komitmen yang kuat dengan diri sendiri. Matikan tv, matikan laptop, matikan hape, matikan lampu. Fokus belajar! Jangan pernah hiraukan blackberry yang seakan-akan berteriak "check me! check me!".
4. Istirahat tiap 2 jam sekali. Gimanapun otak kita punya limit, nggak baik kalo dipaksa terus-terusan. Istirahatlah kira-kira 15-20 menit. Nah, di waktu ini bolehlah ngecek2 hape dulu :3
5. Ulang terus tiap komponen yang kita nggak ngerti, sampai akhirnya ngerti (?). Ribet ya! ya pokoknya gitu lah, terus ulang2 apa yang udah dipelajarin sampai akhirnya pelajaran itu nempel di otak. Nempel, bukan nyangkut!
6. Jangan pernah tidur sampai semua bahan ujian nempel di otak. Bagian ini yang paling berat. Ya kalo udah mentok sih bisa tidur dulu lah, dilanjut habis solat subuh o:)
7. Masih ada waktu sebelum ujian? baca-baca dulu aja, biar lebih siap.
8. Ini bagian terpentingnya: berdoa. Walau bagaimanapun, sekeras apapun kita berusaha, kalau Allah nggak meridhoi pasti sia-sia. Sebisa mungkin berdoa yang khusuk. Kita berusaha, Allah yang menentukan. Oke bro?

Sebenernya sistem SKS ini nggak baik juga sih kalo dipake terus-terusan. Salah satu kelemahan sistem SKS adalah kita cepet lupa apa yang kita pelajari semalaman, beberapa hari setelah ujian usai. Ya, segala yang instan itu tidak baik kawan. Tapi seenggaknya kita udah punya "senjata" untuk dipakai "berperang". Masih gagal juga? yah, berarti bukan rejekinya hehe. Tetap jadikan kegagalan sebagai bahan evaluasi, bukan sebagai alasan untuk menyerah!

Semoga sukses untuk siapapun yang baca tulisan ini, terutama untuk yang mempraktekkan kiat-kiat diatas. Wassalam..

1 komentar:

  1. hahahaha....
    trik nya bisa jadi buku tuh
    salam knal bray

    BalasHapus

Tinggalin komen ya! :D