Minggu, 04 Maret 2012

Yang Dulu Ada di Masa Kecil

Semua orang punya masa kecil. Masa kecil adalah masa-masa paling indah. Dimana kita cuma main, sekolah, tidur, dan main lagi. Masa-masa dimana dengan nangis kita bisa dapat duit.

Di postingan kali ini gue mau ngebahas beberapa hal yang menghiasi masa kecil gue, mulai dari makanan, mainan, dan acara tv jadul di sekitar akhir tahun 90an sampai awal 2000an.

1. Makanan

Ini beberapa makanan jaman SD yang populer banget waktu itu:

mie anak mas


wafer coklat superman

mie gemez, sejenis sama anak mas

coklat payung
Pada masih inget makanan diatas? Atau masih ada yang nemuin makanan-makanan itu dijual di pasaran? Jaman SD dulu, makanan ini gampang banget ditemuin. Gue dulu kalo nggak makan "anak mas" sehari aja bisa sakau (oke, ini lebay). Harganya masing-masing makanan diatas kalo nggak salah nggak lebih dari 500 perak. Ya, jaman dulu memang serba murah.

2. Mainan

Untuk bisa dibilang gaul jaman itu, anak SD harus punya mainan ini :

tamiya, beyblade, dan crush gear
acara tv yang bikin mainan itu populer

Walaupun masih kecil, saat itu gue nggak mau ketinggalan pergaulan. Gue selalu update mainan-mainan terbaru. Mulai dari tamiya, beyblade, sampai crush gear gue pernah punya. Nggak cuma mainannya, gue juga punya arenanya masing-masing. Dulu gue berpikir, apa yang gue tonton di kartunnya bisa terjadi di dunia nyata kalo gue mainin. Tapi ternyata nggak. Nggak ada mobil balap mini yang terbang dan ngeluarin angin kayak tornado. Nggak ada gasing yang kalo dimainin keluar naga. Nggak ada mainan mobil-mobilan salah gaul dan bercapit yang keluar pedang dan nge-hancurin musuhnya. Sebagai anak kecil yang lugu gue kecewa.

Beruntung gue juga sempet punya remote control gaul, cuma ini kayaknya yang masuk akal.

remote-control-impor-gaul
Agak mundur ke belakang, gue sempet punya ini :

tazos yang fenomenal

Kalau pengoleksi perangko disebut filateli, apa sebutan untuk pengoleksi tazos?

Dan ini :
YEAY. GIMBOT!
Hampir semua anak di jaman itu punya gimbot. Walaupun tampilan visualnya cuma kotak-kotak hitam kecil dan kaku, dulu itu udah asik banget, Sob! Game yang populer di gimbot adalah tetris dan snake.

Dari semua mainan diatas, ini yang paling absurd :

balapan keong. hah hah hah.

terjun payung. syuuuut..
Udah, nggak usah dibahas. -____-

3. Acara TV

Sekarang mari nostalgia ke acara-acara tv jadul. Gue ngerasa acara tv pada jaman itu jauh lebih berkualitas daripada acara tv sekarang.

Mulai dari sinetron yang kaya akan pesan moral :

bidadari, jin & jun, lorong waktu, si doel
Superhero Indonesia :


Sampai bela-belain bangun pagi di hari Minggu cuma buat nonton ini :


Nah, sekarang mari bandingkan dengan apa yang didapat anak-anak jaman sekarang :

kecil-kecil udah pada megang ginian

sinetron sekarang

Bangun pagi di hari minggu, dan apa yang didapat?

acara musik -__-
Oke acara musik, tapi..

 Ekspektasi :

berharap ada penyanyi cilik sekelas mereka

Realita :

b*tch please..




Sebagai manusia dan rakyat Indonesia yang baik gue merasa beruntung dilahirkan di awal era 90an. Era dimana saat itu semuanya masih serba mendidik, terutama acara tv. Tapi gue juga nggak menampik, saat ini masih ada karya-karya anak bangsa yang berkualitas, walaupun nggak banyak. Pertanyaannya adalah, melihat perkembangannya saat ini, sampai kapan hal ini bertahan? Haruskah selera pasar mengalahkan kualitas dari karya itu sendiri? 

Haruskah anak-anak Indonesia dipaksa untuk dewasa lebih cepat?

Dan untuk bapak-bapak produser berketurunan India disana, tolong, kembalikan kualitas acara televisi kami.

Oke, mungkin segini aja postingan gue kali ini. Semoga terhibur :)

sumber :



http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10801449
http://www.beritaunik.net/unik-aneh/fakta-unik-tentang-tazos.html
http://zonapencarian.blogspot.com/2010/07/35-permen-jadul-khas-indonesia.html
watchbeyblade.com
animecrazy.net
franco.web.id
go-blog-bleach.com
sleman.olx.co.id
abidtommy.blogspot.com
theparanoidgamer.com
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=429793277
dodol-dudul.blogspot.com
sinanadhia.blogspot.com

36 komentar:

  1. Ini sih masih termasuk 90-an akhir menuju milenium...coba bahas yg 90an awal, lebih seru lagi tuh, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. muahaha tahun segitu belum lahir bro :p

      Hapus
  2. hahahaha... kangen dengan mie remez..

    BalasHapus
  3. kyaaa~
    pengen anak mas nih jadinyaa..

    salam kenal gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali :)
      anak mas sudah susah banget nyarinya :(

      Hapus
  4. iyap... setuju... jaman sekarang sebagian barang ga sehat.. dari mulai makanan yang dikasih boraks lah, tayangan yang ga mendidik, belum lagi mainan yang ada bahan kimia berbahayanya... ckckckckc...
    ekh, ada yang ketinggalan... coklat koinnya ga ada? hehehe.. >.<

    *salam kenal,

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali. oh iya coklat koin. sebenernya ada yang pengen banget dimasukin tapi lupa. Tazos!

      Hapus
  5. hahhahaha...... sama itu tu permen yang bisa di bentuk bunga, sama burung yang bisa ditiup-tiup.. hahahha,
    **join di blog gw ya? tq..

    BalasHapus
  6. bagus bang :) benar bangett :D
    aku juga alhamdulillah ah lahir di zaman itu :D
    masih ngerasakan mie kremes . wkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah yahh.. sesuatu yahh.. mie gituan sih udah jarang banget sekarang

      Hapus
  7. Like this..
    iya kasian jaman sekarangmah gaada yang main sonlah, karet dkk!

    BalasHapus
  8. OMG.. gue kangen bawa gimbot kemane2.. punya 3 gue #sombong
    hahahaa..
    eh filmnya 1 lagi tuh yg seru.. tuyul dan mbak yul... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya banyak banget yang pengen dimasukin, tapi nggak mungkin lah semuanya. jadi ya seingetnya aja hehe.

      Hapus
  9. Aku gapernah ngerasain anak emas, emang gimana rasanya?-.-

    Ngakak parah liat yang mainan terjun payung, sekarang udah jarang banget ditemuin:( Gimbot tuh suka banget yang jualan di kaki lima pas dulu, Tazos juga sering banget nemuin di snack - snack gitu pas dulu. Jadi kangen, kangen sama pas jaman dulu #eaa.

    Btw, salam kenal kak:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali :)
      makasih ya komennya. semoga ada yg nemuin mesin waktu biar bisa kembali ke jaman dulu :p

      Hapus
  10. mie remez itu gue bangeet loh >.<

    BalasHapus
  11. ada yang belum eh :) permen karet YOSAN (yang bener2 ga pernah lengkap huruf-hurufnya -___-) sama tini wini biti belum. btw, cheetoz, chikiball, sama jetZ awet ya dari dulu sampe sekarang, belum terlalu punah. hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget. kesimpulannya? cuma yang kuat yang mampu bertahan :p

      Hapus
  12. gilaaaaaaaaaaaaaaaaaa itu makaan kangen bangeet terutama mie remez fufuufu :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. gilaaaa, banyak banget yg kangen sama mie remez ya! dimanakah dia sekarang? fufufufuuu :3

      Hapus
  13. waaahhh....bener bgt tuh...
    beda zaman beda pula aturannya yaa :)

    BalasHapus
  14. ANAK MAS...oh... ANAK MAS....Asli pgn bgt mkn anak mas lg.,

    BalasHapus
  15. asli jaman aku duluuuuu
    setujuuuuuu

    BalasHapus
  16. jaman saya SD tuh, aduh jadi mengenang masa masa Indah.
    Adik saya sekarang tontonannya aduh parah, nyanyiannya aduh
    Sangat bagus mas postingannya, MANTAP!

    BalasHapus
  17. wuaakakakakak....
    ngakak XD
    Tapi bener, semua benda diatas pernah aku nikmatin :'D
    *gak terkecuali mainan bongkar pasan barbie yang dari kertas itu loh, yang gonta ganti baju =__= *padahal buat cewek tuh

    BalasHapus
  18. Hahaha setuju setuju.. Beruntung bget yah kita lahir di thun 90-an bnyak acara" menrik dn berkualitas d banding skrg. Jaman dlu mah anak" hobbynya main masak"an skrg hobbynya gadget --" Msih inget telenovela" jaman dlu, tontnan ibu-ibu rmah tangga :D Eh pengen deh itu di putar kembali.

    BalasHapus
  19. wkwkwk teringat masa kecil dah tak coba semua wkwkw

    BalasHapus
  20. wah banyak jg mainanmu, sebagian mainan impianku yg gak kumiliki sebab mahal gak dibelikan ortu

    BalasHapus
  21. masa kecil merupakan masa yang palingggg bahagia gak sebanding dengan sekarang

    BalasHapus
  22. klo aq ngalamin tp waktu itu ngga mmpu beli mainan ky gitu...paling cuma pinjem temen....

    BalasHapus
  23. Wah paling suka mainan terjun payung yg pke plastik..ada superman nya ..klo beli game belum mampu..beli mie anak mas mah mampu lah..hahaha..serru tuh

    BalasHapus
  24. Ada yg tau acara tv tahun 2005 an yang tentang kreatifitas, kayak buat mainan dll.. hari sabtu pagi se ingetku tayangnya. Dulu sering nonton tapi lupa nama acara ny, acara ny kayaknya dubbing acara luar gitu..

    BalasHapus

Tinggalin komen ya! :D